Kumpulan soal ini terdiri dari 40 butir pertanyaan, yang mencakup:
-
30 soal pilihan ganda, untuk mengukur pemahaman siswa terhadap isi teks, ide pokok, makna kata, kalimat efektif, dan penggunaan bahasa yang baik.
-
10 soal pilihan ganda kompleks, disertai tabel “Benar/Salah” untuk melatih ketelitian dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami teks bacaan.
Soal-soal ini mengusung konsep pembelajaran berbasis literasi membaca, di mana siswa diajak untuk memahami, menafsirkan, dan menganalisis informasi dari berbagai jenis teks. Tidak hanya sekadar mengingat isi bacaan, tetapi juga menumbuhkan kemampuan berpikir logis, reflektif, dan kreatif.
Guru dapat memanfaatkan soal ini sebagai:
📘 Latihan rutin menjelang ujian akhir kelas VI,
📝 Asesmen literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, atau
📊 Simulasi TKA (Tes Kemampuan Akademik) menuju jenjang SMP.
Dengan adanya latihan ini, diharapkan peserta didik UPT SDN 132 Gresik semakin siap menghadapi tantangan pembelajaran di jenjang selanjutnya, serta memiliki kemampuan literasi yang kuat sebagai bekal menghadapi dunia pendidikan yang terus berkembang.
Mari bersama-sama membangun generasi pembaca yang cerdas, kritis, dan berkarakter!
✨ #LiterasiSekolah #SDN132Gresik #BahasaIndonesia #AsesmenLiterasi #TKA2025
Berikut Contoh Soal yang dapat dipelajari.
A. Pilihan
Ganda
Teks
untuk soal 1–3:
Di sebuah desa, warga bekerja sama membersihkan sungai yang mulai dangkal
karena sampah. Mereka berharap air sungai kembali jernih dan tidak menyebabkan
banjir. Setiap minggu, para pemuda dan ibu-ibu ikut bergotong royong.
1.
Ide pokok paragraf di atas adalah …
A.
Sungai di desa itu sangat kotor
B.
Warga desa bekerja sama membersihkan sungai
C.
Para pemuda dan ibu-ibu sering bergotong royong
D.
Air sungai menjadi jernih kembali
2.
Makna kata gotong royong dalam teks adalah …
A.
Mengerjakan sesuatu dengan cepat
B.
Bekerja bersama-sama untuk tujuan bersama
C.
Bekerja keras tanpa bantuan orang lain
D.
Melakukan pekerjaan secara bergantian
3.
Tujuan warga membersihkan sungai adalah …
A.
Agar sungainya dalam
B.
Supaya air sungai kembali jernih
C.
Untuk mendapatkan ikan
D.
Agar terlihat ramai
Teks
untuk soal 4–6:
Siti membaca sebuah buku berjudul Petualangan di Gunung Merapi. Buku itu
menceritakan tentang sekelompok anak yang mendaki gunung dan belajar arti
keberanian.
4.
Jenis buku yang dibaca Siti adalah …
A.
Ensiklopedia
B.
Cerita petualangan
C.
Buku nonfiksi
D.
Buku panduan
5.
Tokoh dalam cerita tersebut kemungkinan memiliki sifat …
A.
Penakut
B.
Ceroboh
C.
Berani
D.
Malas
6.
Amanat dari cerita tersebut adalah …
A.
Kita harus selalu mendaki gunung
B.
Keberanian penting dalam menghadapi tantangan
C.
Gunung Merapi tempat berbahaya
D.
Anak-anak sebaiknya tidak berpetualang
Teks
untuk soal 7–9:
Data hasil survei membaca di kelas VI menunjukkan:
- 10 siswa suka membaca cerita rakyat
- 8 siswa suka membaca majalah
- 7 siswa suka membaca ensiklopedia
- 5 siswa tidak suka membaca
7.
Jumlah seluruh siswa adalah …
A.
25
B.
28
C.
30
D.
35
8.
Jenis bacaan yang paling disukai adalah …
A.
Cerita rakyat
B.
Majalah
C.
Ensiklopedia
D.
Komik
9.
Berdasarkan data, minat membaca paling rendah pada …
A.
Cerita rakyat
B.
Majalah
C. Ensiklopedia
D.
Tidak suka membaca
10.
Kalimat utama dalam paragraf biasanya terletak pada …
A.
Awal atau akhir paragraf
B.
Tengah paragraf saja
C.
Selalu di akhir paragraf
D.
Di mana pun, tergantung panjang teks
11.
Sinonim kata aman adalah …
A.
Bahaya
B.
Tenang
C.
Takut
D.
Hebat
12.
Antonim kata jujur adalah …
A.
Baik
B.
Sopan
C.
Bohong
D.
Adil
13.
Kalimat yang menggunakan kata berimbuhan adalah …
A.
Mereka main bola
B.
Ayah membaca koran
C.
Siti tidur di kamar
D.
Ibu pergi ke pasar
14.
Kalimat efektif adalah …
A.
Siswa-siswa belajar pelajaran Bahasa Indonesia
B.
Siswa belajar pelajaran Bahasa Indonesia
C.
Siswa sedang-sedang belajar
D.
Belajar siswa pelajaran Indonesia Bahasa
15.
Kalimat yang menggunakan tanda baca dengan benar adalah …
A.
“Ayo cepat”! seru ibu.
B.
“Ayo cepat!” seru Ibu.
C.
“Ayo cepat!” Seru ibu.
D.
“Ayo cepat” seru ibu!
Teks
untuk soal 16–18:
Di taman sekolah tumbuh berbagai bunga seperti mawar, melati, dan anggrek.
Setiap pagi, petugas kebersihan menyiram tanaman agar tetap segar.
16. Kata
yang termasuk kata benda dalam teks di atas adalah …
A.
Tumbuh
B.
Segar
C.
Bunga
D.
Menyiram
17.
Lawan kata segar adalah …
A.
Layu
B.
Cantik
C.
Wangi
D.
Subur
18.
Makna kata berbagai adalah …
A.
Sedikit
B.
Sama
C.
Banyak jenis
D.
Tidak ada
19.
Kalimat yang menggunakan konjungsi karena dengan tepat adalah …
A.
Saya tidak berangkat sekolah karena hujan deras
B.
Karena hujan deras, maka saya tidak sekolah
C.
Saya karena hujan deras tidak berangkat sekolah
D.
Karena hujan deras saya sekolah
20.
Kata baku dari nggak adalah …
A.
Tidak
B.
Nggak
C.
Gak
D.
Tak
21.
Kata yang memiliki makna konotatif adalah …
A.
Ibu menanam bunga di taman
B.
Ayah banting tulang mencari nafkah
C.
Siti membeli buku di toko
D.
Dika memancing ikan di sungai
22.
Paragraf yang berisi pendapat penulis disebut paragraf …
A.
Narasi
B.
Deskripsi
C.
Argumentasi
D.
Eksposisi
23.
Kalimat yang menyatakan ajakan adalah …
A.
Tolong bantu saya!
B.
Ayo kita belajar bersama!
C.
Jangan lari-lari!
D.
Kamu harus pergi!
24.
Kalimat yang menyatakan larangan adalah …
A.
Tolong duduklah!
B.
Jangan berbicara keras!
C.
Mari kita makan!
D.
Silakan masuk!
25.
Kalimat berikut yang merupakan kalimat perintah adalah …
A.
Hari ini aku bermain bola
B.
Tolong tutup pintu itu!
C.
Aku senang membaca
D.
Mereka datang ke rumahku
Teks
untuk soal 26–30:
Hari Minggu pagi, Dito membantu ayah menanam cabai di kebun belakang rumah. Ia
belajar cara menyiangi rumput dan menyiram tanaman dengan benar. Dito merasa
senang karena bisa membantu ayah.
26.
Tokoh utama dalam teks tersebut adalah …
A.
Ayah
B.
Dito
C.
Ibu
D.
Kebun
27.
Nilai moral yang terkandung dalam teks adalah …
A.
Rajin membantu orang tua
B.
Bermain lebih menyenangkan
C.
Harus selalu bekerja keras
D.
Menanam cabai itu sulit
28.
Sinonim kata belajar adalah …
A.
Bermain
B.
Mengetahui
C.
Menggali ilmu
D.
Berusaha memahami
29.
Tema teks tersebut adalah …
A.
Kegiatan bertani
B.
Kegiatan di rumah
C.
Kegemaran Dito
D.
Gotong royong
30.
Kalimat yang menyatakan perasaan adalah …
A.
Dito membantu ayah
B.
Dito merasa senang
C.
Ayah menyiangi rumput
D.
Mereka menanam cabai
B. Pilihan
Ganda Kompleks
Pilih
Benar (B) atau Salah (S) untuk setiap pernyataan berikut.
Teks
untuk soal 31-33: Pemerintah desa mengadakan lomba kebersihan antar-RT. Warga
RT 3 memenangkan lomba karena halaman mereka bersih dan rapi.
|
No. |
Pernyataan |
Benar
/ Salah |
|
31 |
Warga
RT 3 kalah dalam lomba. |
□
Benar □ Salah |
|
32 |
Lomba
yang diadakan adalah lomba kebersihan. |
□
Benar □ Salah |
|
33 |
Halaman
RT 3 tampak kotor dan berantakan. |
□
Benar □ Salah |
Teks
untuk soal 34-36: Budi selalu datang tepat waktu ke sekolah. Ia tidak pernah
terlambat karena berangkat lebih awal setiap pagi.
|
No. |
Pernyataan |
Benar
/ Salah |
|
34 |
Budi
sering terlambat datang ke sekolah. |
□
Benar □ Salah |
|
35 |
Budi
anak yang disiplin waktu. |
□
Benar □ Salah |
|
36 |
Budi
tidak peduli terhadap peraturan sekolah. |
□
Benar □ Salah |
Teks
untuk soal 37-40: Toko “Sumber Rezeki” menjual berbagai kebutuhan rumah tangga
seperti sabun, beras, minyak, dan gula. Pembeli dapat berbelanja setiap hari
mulai pukul 07.00 hingga 21.00.
|
No. |
Pernyataan |
Benar
/ Salah |
|
37 |
Toko
“Sumber Rezeki” hanya buka pada hari Minggu. |
□
Benar □ Salah |
|
38 |
Barang
yang dijual di toko tersebut termasuk kebutuhan pokok. |
□
Benar □ Salah |
|
39 |
Toko
tutup pada malam hari pukul 9.00. |
□
Benar □ Salah |
|
40 |
Pembeli
tidak bisa membeli sabun di toko itu. |
□
Benar □ Salah |
